Ketua KPUD Pegubin: Tahapan Pilkada mulai berjalan, 9 Pimpinan Parpol Harus berkantor di Oksibil

  • Whatsapp
Lao Mohy, Ketua KPU Pegunungan Bintang
banner 468x60

OKSIBIL, TRIBUNPAPUA.ID–Komisi Pemilihan Umum Daerah Pegunungan Bintang terus melakukan berbagai tahapan jelang Pilkada Pegubin 9 Desember 2020 mendatang.Sebelumnya KPU Pegubin telah melantik sejumlah anggota PPS dan mengaktifkan kembali anggota PPD pada 15 juni lalu.

Kali ini KPU Pegubin  mengundang seluruh komponen terutama unsur FORKOPIMDA di wilayah Pegubin dalam rangka mensosialisasikan jadwal,tahapan dan program yang akan dilaksanakan KPU berdasarkan pkpu no mor 5 tahun 2020 tentang tahapan lanjudan pelaksanaan pilkada di wilayah Pegunungan Bintang Desember mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Pegunungan Bintang, Titus Lao Mohy, S.Si., M.SI mengatakan tahapan Pemilukada sudah mulai jalan, sehingga Pengurus partai Politik diminta untuk berkantor di Oksibil, katanya kepada media ini usai sosialisasi bersama di halaman Kantor KPU Pegubin, Jumat 19 Juni 2020 lalu.

Usai mensosialisasikan sejumlah tahapan yang akan di lalui pihaknya, Lao Mohy menuturkan, “hari ini KPU PEGUBIN telah mengundang forkopimda untuk mensosialisasikan peraturan kpu no 5 tahun 2020 tentang tahapan lanjutan dan dalam acara sosialisasi ini acara berlangsung dengan aman lancar tanpa ada kendala”katanya.

Selain itu, ia menjelaskan  dalam pertemuan yang kami laksanakan ini juga ada sejumlah harapan yang di sampaikan oleh berbagai komponen dan sejumlah harapan yang disampaikan dari sejumlah komponen itu intinya bahwa penyelenggaraan Pilkada di Pegubin harus berjalan dengan aman, lancar, dan bermartabat berdasarkan asas dan ketentuan PKPU.

Menurut ketua KPU “dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan sudah mulai jalan sehingga masyarakat diharapkan turut mengambil bagian dalam menyukseskan pemilukada di wilayah Pegubin ini, sebab sukses tidaknya pilkada di pegubin berada di tangan kita semua”berharap.

Eks wartawan itu juga memintah agar masyarakat jika menerima informasi terkait tahapan pemilu yang di sampaikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab datang konfirmasi  langsung ke kpu pegubin sebagai penyelenggra  sebab KPU PEGUBIN akan berada dan bekerja 24 jam di kantor untuk siap memberikan penjelasan.

Sedangkan untuk kelompok yang menyebar isu hoaks di media sosial dirinya dengan tegas berharap agar berhenti memposting hal –hal yang tidak sesuai dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya, sebab lao mohy menilai kelompok tersebut tentu mengganggu kamtibmas di wilayah ini  sebab  bukan membangun tetapi merusak kamtibmas di daerah ini.

Ketua Kpu Lao Mohy juga meminta kepada pimpinan partai politik untuk dapat mengikuti tahapan dan jadwal berdasarkan pkpu nomor 5 tahun 2020. Terutama sekertariat yang hingga saat ini belum di operasikan supaya segera di operasikan. Karena setelah tahapan ini akan berurusan dengan partai politik.

“Pimpinan partai politik yang berasal dari Pegunungan Bintang ya sudah harus berkantor di Oksibil bukan berkantor di Jayapura atau jakarta sehingga dapat memperlancar administrasi”ucapnya.

Ia berharap pengurus  partai politik terutama 9 partai politik yang punya kursi di DPRD Pegunungan Bintang  supaya segera mengaktifkan  kembali sekretariatnya karena tahapan sudah mulai berjalan.

Ia meminta kepada masyarakat supaya dapat mengikuti jadwal, tahapan dan program yang di keluarkan KPU jika ada informasi yang di luar dari KPU, mohon konfirmasi ke KPU, BAWASLU atau kepolisian daerah Pegubin.

 

Reporter: Melki P. Uropmabin

Penulis: Melki P. Uropmabin

Editor: Fransiskus Kasipmabin

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *