Debat Kandidat: Pasangan SEPTE Nyatakan Siap Mengikuti Debat Perdana

  • Whatsapp
banner 468x60

 Oleh Arif Uopdana

Tribunpapua.id—-Debat perdana pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Pegunungan Bintang dalam PILKADA Pegunungan Bintang 2020  dipastikan akan berlangsung pada hari Senin 16 November 2020 di hotel Aston kota Jayapura, Ibukota Provinsi Papua.

Debat yang akan berlangsung hari senin tanggal 16 November 2020 mendatang merupakan debat tertunda dari jadwal semula tanggal 6 November 2020.

Dalam kontestasi PILKADA di kabupaten Pegunungan Bintang diikuti oleh dua kandidat, yaitu pasangan nomor urut 1 pasangan Spey Yan Birdana, ST, Msi – Piter Kalakmabin., A.MD yang  didukung tiga Partai politik: Golkar, PAN dan PBB dengan 5 kursi di DPRD Pegunugan Bintang. Sedangkan kandidat nomor 2 pasangan Costan Oktemka, SIP – Decky Deal, SIP didukung 6 partai politik: Demokrat, Nasdem, Gerindra, Hanura dan PKB dengan 20 kursi di DPRD Pegunungan Bintang.

Sesuai dengan PKPU no 13 tahun 2020, debat publik nantinya hanya dihadiri 19 orang karena pandemik covid-19 dan harus mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker dan mencuci tangan.

Menjelang debat pada hari Senin nanti persiapan dari penyelanggara maupun persiapan dari kandidat pun sudah dilakukan.

Pasangan Calon nomor urut 1 Spey Yan Birdana dan Piter Kalakmabin (SEPTE) menyampaikan sudah sangat siap untuk mengikuti debat.

“Kami siap secara lahir batin untuk mengikuti debat sesuai tema dan isu-isu pembangunan 5 tahun lalu dan 5 tahun ke depan dengan visi dan misi kami untuk membangun Pegunungan Bintang”. Ujar Spey Birdana melalui pesan WhatsApp, Sabtu  (14/11/2020)

Calon Bupati Spey Birdana menambahkan Harapannya para narasumber dapat memberikan bobot materi yg aktual berkaitan dgn pelayanan pemerintahan, perencanaan, pengangguran, pemberantasan korupsi, pemberdayaan ekonomi Orang Asli Papua (OAP), pengamanan daerah, konsistensi dalam kebijakan pembangunan daerah, komitmen pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, pendidikan, ekonomi, penataan wilayah sebagai beranda depan negara, kerjasama antar daerah, kerjasama pemerintahan, gereja dan dewan adat, serta mitra usaha.

Debat kandidat nantinya dapat memberikan gambaran kepada para pemilih tentang kapasitas dan kapabilitas para kandidat calon bupati dan calon wakil bupati untuk memimpin kabupaten Pegunungan Bintang periode 2020-2025 sehingga para pemilih diharapkan tidak salah dalam menentukan pilihannya.

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *