Pleno KPUD Pegubin, SEPTE 73.876 Suara Sah dan CODE 30.343 Suara Sah

  • Whatsapp
banner 468x60

OKSIBIL, TRIBUNPAPUA.ID— Pada Tanggal 17 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang  melakukan pleno terbuka i menetapkan hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten Pegunungan Bintang.

Dari hasil yang ditetapkan, pasangan calon Bupati Spey Yan Bidana ST., M.Si, dan calon Wakil Bupati Piter Kalakmabin A.md, ditetapkan sebagai pemenang dalam konstelasi Pilkada serentak 2020 di Pegunungan Bintang.

Dalam pertaruangan tersebut, Pasangan Nomor urut 1, Spey-Piter koalisi OKMEKMIN yang diusung tiga partai tersebut memperoleh suara terbanyak dengan total 73.876 suara sah. Sementara pasangan nomor urut 2 yang juga pasangan Petahana Costan Oktemka, S.IP dan Decky Deal S.IP memperolah suara sebesar 30.343 suara sah.

Dengan mengkantongi sura terbanyak tersebut, dipastikan akan memimpin Pegunungan Bintang periode 2020-2025. Perolehan suara terbanyak ini merupakan sejarah baru dalam pesta demokrasi di Tanah Papua.

Ketua KPU Pegunungan Bintang, Titus L Mohy mengatakan  Pleno yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari proses akhir pemilihan kepala daerah Pegunungan Bintang, untuk itu hasil yang ditetapkan ini adalah suara rakyat yang harus di nyatakan dalam membangun Pegunungan Bintang ke depan.

“Hasil telah kita tetapkan selanjutnya kita kembali bersatu untuk membangun Pegunungan Bintang lima tahun mendatang” ujar Lao Mohy.

Menurutnya “Saya berharap masyarakat Pegunungan Bintang bersatu dan mendukung  pemimpin kita yang baru terpilih. Maju dan tidaknya daerah ini ada di tangan rakyat, dengan demikian dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan pilkada tahun 2020 ini maka kita sudah meninggalkan semua dinamika kurang baik yang kita bangun selama ini dan kembali bersatu untuk membangun Pegunungan Bintang lima tahun mendatang.” Ujar Ketua KPU.

 

“Secara pribadi dan juga mewakili lembaga saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalamnya bagi masyarakat kabupaten Pegunungan Bintang yang selama ini terus mengawal dan mendukung tahapan dan proses yang kami laksanakan hingga pada hari ini. Kasih Tuhan luar biasa akhirnya Pleno penetapan telah kita lalui dengan baik dan aman, selanjutnya diharapkan untuk pemimpin yang baru dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat.” Lanjutnya.

Selain itu ketua KPU Pegunungan Bintang juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara tingkat distrik dan kampung yang selalu aktif dalam mengawal hingga menyukseskan pilkada tahun ini, meskipun banyak tantangan dan rintangan yang menghadang dalam pelaksanaan pilkada di lapangan.

Selanjutnya pihak yang merasa dirugikan silakan mengajukan gugatan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, kata Lao Mohy kepada wartawan usai Pleno Penetapan suara di tingkat kabupaten.

 

Fransiskus Kasipmabin

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *