Bupati Spey: Dana Desa Bukan untuk Berpoya –Poya Di Kota

  • Whatsapp

 

TRIBUNPAPUA.ID, Kukding_Dalam rangka membangun Daerah dari kampung ke kota Dana Desa, sebaga salah satu solusi yang mampu memecahkan masalah di suatu daerah, dimana kehadiran dana desa sangat membantu pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan di suatu wilayah secara umum dan pegunungan bintang secara khusus, dengan demikian kepala kampong diharapkan dapat merealisasikan dana bantuan percepatan pembangunan yang dicanagkan pemerintah pusat ini harus dipergunakan sesuai dengan target pembangunan dikampung.

Hal ini disampaikan Bupati Pegubin Spey Yan Birdana dalam arahanya ketika membuka kegiatan sosialisasi penagnan penyakit sosialma syarakat yang berlangsung di aula kantor Bupati Kukding Oksibil, kamis 29/4.

Dana Desa mulai menjadi isusentral sejak tahun 2014 dan terealisasi pada tahun 2015,guna menekankan angka kemiskinan dan pengangguran di kampong serta juga dapat mempercepat pembangunan dari kampong ke kota. Berdasarkan kewenangan desa yang terfocus pada program dan kegiatan pembangunan kampung,melalui beberapa program wajib, seperti pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa, pembentukan pengembangan dan revitalisasi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bupati menegaskan seluruh kepala kampong kiranya Dana Desa dikelolah baik guna membangun kampong itu sendiri.

Bupati juga menturkan situasi saat ini covid-19,menjadi salah satu ancaman terbesar dunia.dengan demikian dana yang diperuntukan pemerintah pusat kesetiap kampong melalui dana desa, pemerintah kampong harus membangun kampungnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Bidana juga mengingatkan bahwa transparansi harus dijunjung tinggi dan membuat laporan pertanggungjawaban pengelolahan Dana Desa sesuai dengan data dilapangan supaya mudah diakses oleh publik,jelasnya.

Sebagai pimpinan kampong harus kerja keras dan mewujudkan  program yang suda di sepakati bersama pada saat musyawara tingkat kampung.

Dana desa bukan untuk berpoya-poya di ibu kota kabupaten atau di jayapura, Dana Desa itu milik rakyat di kampung, dengan demikian kepala kampong mempunyai tanggungjawab penuh bersama rakayat untuk membangun kampung. Dengan demikian saya sampaikan lagi kepada pimpinan kampung,bahwa terkait dengan dana APBD tidak cukup untuk pembangun di daerah, untuk itu saya tegaskan lagi kepada kepala kampung ,dana desa dipergunakan secara teratur untuk bangun kampong, tutupnya.

 

Penulis: Aquino Ningdana

Spei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *