Bupati Pegubin Memberikan Bantuan Modal Usaha Bagi Kelompok Swadaya Tani, Padi Ladang Di Distrik Iwur

  • Whatsapp

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Mandiri Ekonomi, Bupati Pegubin Spey Yan Birdana, St, M.si dan Wakilnya, Piter Kalakmabin, Amd, terus mendorong para kapoktan di sektor pengembangan tanaman pangan dan holtikultura diwilayah Pegunungan Bintang, salah satu upayah yang tengah diseriusi Pemerintah Pegubin di bahawah kepemimpinan Spey –Piter atau sapaan lainya SEPTE ini adalah, memberikan bantuan modal usaha sebesar seratus juta,kepada kelompok tani padi ladang di Distrik Iwur jumat, 30/4 kemarin.

Kelompok swadaya tani  padi ladang yang di nakhodahi salah satu anak muda asli distrik iwur  yakni Demianus Okesan itu, berhasil mengembangkan padi ladang di distrik iwur dan hasilnya pun sudah mulai dikonsumsi oleh masyarakat setempat.  .

Kepada kelompok Tani dan juga masyarakat di Distrik Iwur. Bupati Spey menuturkan kedepan Distrik Iwur akan menjadi pusat  transit, dari berbagai Daerah sehingga Masyarakat distrik Iwur secara umum dan juga kelompok tani yang sudah berjalan secara swadaya untuk lebih giat dalam mengembangkan tanaman pangan dan holtikultura di wilayah ini.

Bukan hanya padi ladang saja tetapi perlu mengembangkan juga buah –buahan seperti, rambutan,durean, kelapa, dan juga sagu, sebab jika jembatan digoel sudah terhubung tentu di distrik iwur akan menjadi zona wisata bagi semua orang. Bukan itu saja tetapi distrik Iwur akan menjadi lumbung ekonomi bagi masyarakat Pegubin bahkan Papua dan Indonesia tuturnya.

Selain itu eks kepala Bappeda Pegubin itu juga menuturkan, pemerintah akan memberikan perhatian lebih kepada kelompok tani yang serius dalam mengembangkan tanaman pangan di setiap Distrik dan kampung yang ada, salah satunya adalah kelompok tani padi ladang yang telah kita melakukan proses penggilingan pada hari ini, ini adalah bukti nyata diri masyarakat secara swadaya tanpa adanya interfensi pemerintah, dengan demikian kesadaran dan kepedulian seperti ini harus di tingkatkan, dengan begitu pemerintah sebagai pendamping dan juga pendukung sudah tentu akan memperhatikan secara serius, dan ini yang saya mau pungkasnya.

Dalam kunjunganya Bupati Pegubin juga, menyempatkan diri dikampung Imsin distrik Iwur danmelakukan penanaman bibit pohon rambutan yang akan menjadi lahan pengembangan buah rabutan di atas tanah seluas satu hektar.

Penulis : Melki P Uropmabin

Spei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *