Bupati Pegubin : Distrik Iwur dan Batom, Akan Menjadi Pusat Pengembangan Tanaman Pangan Lokal

  • Whatsapp

TRIBUNPAPUA.ID;_Bupati Pegubin Spey Yan Birdana ST.M.si, diselah kunjungan kerjanya di Iwur menuturkan, dalam rangka mendorong ketahanan Pangan Daerah, Pemerintah dibawah kepemimpinanya bersama wakil Bupati Pieter, sedang dirancang beberapa wilayah yang akan di jadikan sebagai pusat pengembangan tanaman pangan lokal salah satunya ada di Distrik Iwur dan Distrik Batom, sebab kedua distrik ini memiliki luas wilayah yang sangat cocok dan strategis untuk mengembangkan ketahanan pangan lokal, seperti tanaman Padi sawa, padi ladang dan juga buah –buahan, serta tanaman pangan lainnya.

Hal ini disampaikan bupati spey,ketika bertatap muka langsung bersama masyarakat di distrik Iwur, jumat 30/4 lalu. Kepada masyarakat dirinya menjelaskan, Distrik Iwur dan Batom  Pemerintah telah merencanakan bahwa akan menjadi pusat pengembangan tanaman pangan, dengan demikian kepada masyarakat di  harapkan agar,  tidak harus ke Oksibil dan Jayapura.

Kami pemerintah sudah pastikan Distrik Iwur dan Distrik Batom akan menjadi lumbung pangan Daerah, dengan demikian masyarakat dua distrik ini, saya harap tidak lagi ke Oksibil ataupun ke Jayapura, karena mulai tahun depan Pemerintah akan masuk di wilayah  Distrik ini.

Dalam rangka mewujudkan visi mandiri ekonomi, kami sudah bertemu dengan Dirjen Perindustrian dan Perdaganagn dan juga Tanaman Pangan di Jakarta, dan sudah kami sampaikan kepada pak menteri melalui Dirjen bahwa beberapa daerah di wilayah Pegubin memiliki potensi untuk dapat di jadikan sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat terutama pangan lokal, dan salah satunya adalah Distrik Iwur dan Batom. Dengan demikian Kepal Distrik dan Kepala Kampung sebagai kepala Wilayah, sudah harus berada di tempat tugas dan menghabiskan waktu bersama masyarakat.

Bupati Sepy juga, menuturkan bukan hanya dua distrik ini saja, Pemerintah juga sudah membagi dalam enam zona pengembangan ekonomi rakyat, sehingga rakyat Pegunungan Bintang yang hanya datang dan tinggal tanpa ada pekerjaan di Oksibil dan juga Jayapura kiranya dapat kembali ke kampung halamanya dan mendukung program yang di canangkan pemerintah kabupaten, Distrik, maupu Kampung, sebab uang itu ada di kampung bukan di kota, tegasnya.

Kepada masyarakat Distrik Iwur Bupati berharap, sejumlah kelompok Tani yang sudah di bentuk supaya lebih giat lagi dalam bekerja, sebab kedepan Distrik Iwur akan menjadi pusat persinggahan masyarakat dari berbagai Daerah yang ada di papua, seperti Boven – Oksibil, Yahukimo – Oksibil dan juga Oksibil – PNG ataupun sebagliknya,dengan demikian Masyarakat tidak harus tinggal di kota tetapi tinggal di dusun dan bekerja mengahsilkan uang, Tutupnya.

Penulis : Melki P Uropmabin

Spei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *