Membuka Musrenbang RPJMD, Ini Pesan Wakil Bupati Kepada Kepala OPD Pegubin Papua

  • Whatsapp

OKSIBIL, TRIBUNPAPUA.ID–Wakil Bupati Pegunungan Bintang Pieter Kalakmabin A,Md.Kep Resmi Membuka Musrenbang Rpjmd Tahun 2021-2025 Di Aula Kantor Bupati Pegunungan Bintang, pada Selasa 8 Juni 2021.
Usa memuka Musrembang, Wakil bupati dihadapan Kepala OPD di lingkungan Pemda Pegunungan Bintang mengatakan dalam penyusunan RPJMD berpatokan pada Visi dan Misi bupati dan wakil bupati, yakni mewujudkan Pegunungan Bintang sehat, cerdas, Mandiri Ekonomi, berbasis Tata Ruang dan Budaya.
“Dalam penyusunan RPJMD 5 tahun kedepan para kepala OPD di lingkungan PEMDA Pegunungan Bintang perhatikan visi dan Misi yang diusung, agar nantinya bisa direalisasi program”ujar wakil bupati, Piter Kalakmabin.
Musrembang tahun 2021 mengusung thema Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia Sehat,Cerdas Dan Terampil Dalam Rangka Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Yang Mandiri Berbasis Potensi Daerah OKMONGNAL. dengan tujuan pengoptimalan visi pembangunan yang di canangkan oleh bupati dan wakil Bupati Pegunungan Bintang Spey-Pieter.
Lebih lanjut Piter Kalakmabin mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Jangka Menengah pembangunan Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, ucapnya.
Sesuai Dengan UU No 25 Tahun 2014 Penyusunan Dokumen Rpjmd Dan Rkpd Kabupaten Pegunungan Bintang Mengingat Kondisi Umum Visi,Misi Pembangunan Daerah ,Serta Parah Pembangunan Jangka Panjang , Dokumen Rpjmd Dalam 5 Tahun Disesuaikan Dengan Waktu Kepalah Daerah Terpilih .
Yang Memuat Visi, Misi Arah Kebijakan Kepala Daerah Membuat Kerangka Dasar Perencanaan Pembangunan Di Kabupaten Pegunungan Bintang. Serta Berfungsi Bagi Pelaku Pembangunan Daerah Yaitu Pemerintah Daerah, Dprd, Wirausaha Dan Seluruh Komponen Masyarakat.
Menurt Wakil Bupati, untuk mengarahkan penyelenggaraan pemerintah demi menyelesaikan pengelolaan pembangunan dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat , penyusunan rpjmd didasarkan pada rencana pembangunan jangka panjang daerah kabupaten pegunungan dengan memperhatikan Rpjm Nasional.
Piter menandaskan “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ,Rpmj Menengah Provinsi Dan Rpjmd Kabupaten Pegunungan Bintang agar tercipta singkronisasi dan sinergis pembangunan jangka menengah daerah dalam wilayah kesatuan pembangunan yang berkelanjutan”tegasnya .
Mempertimbangkan Tujuan Dan Sasaran, Rpjmd Musrenbang Kabupaten Pegubin Tahun 2021-2026 Menetapkan Visi Terwujudnya Kabupaten Pegunungan Bintang Yang Maju Sumber Daya Manusia, Sehat, Cerdas Dan Terampil. Mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang berahlak dan berkepribadian; mewujudkan tata kelola meningkatkan kemandirian ekonomi daerah berbasis sektor unggulan daerah berdasarkan ekonomi kerakyatan.
Kemudian, mewujudkan pemerataan sarana prasarana wilayah yang berkualitas sesuai rencana tata ruang wilayah; mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berbudaya, dan mewujudkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.
Sementara itu, Staf Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Nasional (BAPENAS) Desk B Urusan Pangan, Pengawasan, Penanaman Modal,Statistik Dan Perhubungan Zaenal Arifin mengatakan Musrenbang Rpjmd Dimaksudkan Untuk Memperoleh Untuk Mendapat Masukan, Saran Dan Pandangan Dari Kepala-Kepala Opd Dalam Rangka Penyempurnaan Rancangan Rpjmd Kabupaten Pegubin Tahun 2021-2026 Dengan Mendorong Dan Mengoptimalkan Peran Aktif Masyarakat,.
“Stakeholders dan para pemangku kepentingan termasuk pelibatan masyarakat berkebutuhan khusus, responsif gender serta forum anak dalam proses perencanaan pembangunan daerah 5 tahun ke depan”ujarnya.
Leih lanjut ia mengatakan, sesuai regulasi yang ada, Musrenbang dilaksanakan dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan; menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi; penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi maupun pusat agar visi dan misi pembangunan daerah kabupaten pegunungan bintang tahun 2021-2026 lebih terarah dalam implementasinya 5 tahun ke depan.
Ia mengatakan pelaksanaan Musrenbang Rpjmd Tahun Ini Dilaksanakan Secara Terbatas Minimalis Bertempat Dalam Gedung Aula Kabupaten Pegunungan Bintang, Hal Ini Sebagai Upaya Penanganan Pandemi COVID – 19 Salah Satunya Melaksanakan Social Distancing, terangnya.
“Tetap memperhatikan sop penanganan pandemi covid – 19 dan pendampingan petugas dari gugus tugas covid – 19 yaitu penempatan kursi berjarak minimal 1 meter, maupun penyediaan hand sanitisier bagi peserta Musrenbang.
Menurtnya, dengan proses ini keluaran yang diharapkan adalah adanya hasil kesepakatan arah pembangunan daerah, sasaran dan prioritas pembangunan daerah beserta program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi dalam rangka penyempurnaan rancangan rpjmd kabupaten pegunungan bintang tahun 2021-2026.
Kegiatan yang akan dihelat selama 3 tersebut dihadiri oleh Para SKPD, Kepala BAPPEDA Pegunungan Bintang, tim dari BAPPENAS RI.

Penulis: Aquino Nindana
Editor: Fransiskus Kasipmabin

Spei

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *